Vespa GTS Super Tech 300 Mesinnya Pakai Model Lama?
Foto: Peluncuran Vespa GTS Super Tech 300 di Indonesia
Uzone.id - Keluarga Vespa GTS baik dari mesin 150 cc dan 300 cc secara resmi diluncurkan oleh PT Piaggio Indonesia baru-baru ini. Ketiganya adalah Vespa GTS Classic 150, GTS Super Sport 150, dan GTS Super Tech 300.
Sekarang kita akan membahas spesifikasi Vespa GTS Super Tech 300 yang disebutkan tidak terdapat peningkatan di segi mesinnya.Ayu Hapsari selaku PR & Communications Manager of PT Piaggio Indonesia menyebutkan pada Vespa GTS Super Tech 300 tidak mendapatkan perubahan dari segi mesin.
Menurutnya mesin Vespa GTS Super Tech 300 yang memiliki High Performance Engine (HPE) sulit ditingkatkan karena membutuhkan riset dan pengembangan lebih lanjut. Ditambah lagi tenaga dari mesin HPE tersebut sudah sangat besar.
"Mesin Vespa GTS Super Tech 300 HPE ini juga kan masih baru ya, baru diluncurkan di tahun 2019 lalu. Jadi memang belum dibuat peningkatan terbarunya," ujar Ayu dalam peluncuran Vespa terbaru di Jakarta, Selasa (6/6).
Artinya dari segi mesin, Vespa GTS Super Tech 300 masih menggunakan mesin 1-silinder, 4-katup, 4-langkah, berpendingin cairan. Mesin masih menghasilkan tenaga 17,5 kw di 8.250 rpm dan torsi 26 Nm di 5.250 rpm.
Perubahan pada Vespa GTS Super Tech 300 terdapat di kaki-kakinya. Kini komponen kaki-kaki telah dilengkapi oleh teknologi Anti-Dive yang membuat suspensi depan motor tidak turun saat melakukan pengereman mendadak.
Pihak Vespa mengklaim hal ini memberikan kestabilan saat melakukan pengereman darurat.
Sementara suspensi belakangnya masih sama-sama menggunakan peredam kejut hidrolik ganda dengan setelan 4 tingkat.
Kedua suspensi Vespa GTS Super Tech 300 tersebut dipadukan dengan ban depan berukuran 120/70 ring 12 dan ban belakang 130/70 ring 12 inci. Kemudian untuk pengeremannya menggunakan cakram 220 mm hidrolik baik di depan maupun belakang.
Secara dimensi, Vespa GTS Super Tech 300 terbilang cukup besar untuk sebuah skuter. Motor ini memiliki panjang 1.980 mm, lebar 795 mm, dan tinggi sadel 790 mm.
Dengan bekal di atas, Vespa GTS Super Tech dibanderol sebesar Rp163,2 juta untuk on the road DKI Jakarta.
Berikut spesifikasi lengkap Vespa GTS Super Tech 300
Mesin | HPE, 1-silinder, 4-tak, 4-katup, |
---|---|
Sistem Pembakaran | Elektronik Injeksi |
Kapasitas Mesin | 278 cc |
Tenaga Maksimal | 17,5 kW @ 8.250 rpm |
Torsi Maksimal | 26 Nm @ 5.250 rpm |
Sistem Pendingin | Pendingin Cairan |
Transmisi | Otomatis CVT (Continuous Variable Transmission) |
Suspensi Depan | Single arm dengan pegas helical dan satu shock absorber |
Suspensi Belakang | Shock absorbers dengan 4 setelan preload |
Sistem Pengereman | Dual Channel ABS dan Anti Slip Regulation |
Rem Depan | Ø 220 mm disc brake |
Rem Belakang | Ø 220 mm disc brake |
Ban Depan | Tubeless 120/70 – 12” |
Ban Belakang | Tubeless 130/70 – 12” |
Panjang / Lebar | 1,980 mm / 795 mm |
Sumbu Roda | 1,380 mm |
Tinggi Jok | 790 mm |
Kapasitas Tangki | 8.5 (± 0.5) liter |
Emisi | Euro 3 |