Home
/
Startup

Tips Belanja Aman di Marketplace, Pakai Fitur Proteksi Produk!

Tips Belanja Aman di Marketplace, Pakai Fitur Proteksi Produk!

Foto: Fitur Proteksi di Tokopedia

Vina Insyani28 August 2023
Bagikan :

Uzone.id – Walaupun pandemi Covid-19 sudah usai dan semua aktivitas sudah kembali normal, ternyata menggunakan platform digital untuk segala aktivitas menjadi kebiasaan baru yang akan tetap dilakukan masyarakat Indonesia.

Dalam laporan e-Conomy SEA 2022, sekitar 80 persen konsumen digital akan tetap mempertahankan bahkan meningkatkan penggunaan layanan digital pada tahun 2023, alasannya adalah keamanan dan kenyamanan dalam menggunakan layanan digital, termasuk marketplace. 

Salah satu pemain marketplace besar di Indonesia, Tokopedia mengungkapkan adanya peningkatan antusiasme masyarakat dalam berbelanja online. 

Faktor keamanan dan kenyamanan berbelanja di platform ini juga terlihat dari peningkatan transaksi di berbagai produk asuransi. Sepanjang semester 1 2023, transaksi menggunakan berbagai produk asuransi mengalami rata-rata kenaikan hingga lebih dari 1,5 kali lipat.

Preview

Produk-produk asuransi yang paling laris dan diincar pengguna di Tokopedia antara lain Proteksi Layar Retak, Proteksi Furniture, serta Proteksi Kerusakan Total.

Tokopedia sendiri menghadirkan beragam layanan produk asuransi yang dapat dimanfaatkan para pembeli saat bertransaksi lewat Tokopedia, di antaranya Proteksi Produk, Proteksi Kecantikan, Proteksi Perjalanan hingga Proteksi Produk Digital.

Melihat fenomena ini, Vira Widiyasari, selaku SVP of Fintech and Payment Tokopedia mengatakan bahwa dengan keberagaman pilihan produk asuransi ini, masyarakat bisa bertransaksi lebih nyaman dan juga aman.

Untuk mengaktifkan layanan produk asuransi saat bertransaksi di Tokopedia, pengguna dapat mencentang  atau mengaktifkan ‘Proteksi Produk’.

“Tokopedia berharap dapat terus berkontribusi pada peningkatan literasi dan inklusi keuangan masyarakat Indonesia, terlihat dari adanya peningkatan penggunaan berbagai produk asuransi secara signifikan,” tambah Vira.

Vira menambahkan bahwa produk-produk asuransi ini memiliki proses pembelian yang mudah serta proses klaim yang praktis. 

“Sehingga, ketika membeli produk elektronik, gadget, kecantikan, travel, pembayaran tagihan, dan otomotif lewat aplikasi Tokopedia, masyarakat dapat merasakan pengalaman berbelanja dengan nyaman dan aman dengan adanya layanan produk asuransi yang tersedia,” jelas Vira.

Nah, Tokopedia membagikan beberapa tips bagi pelanggan untuk mendapatkan proteksi maksimal ketika bertransaksi online sehingga produk yang dibeli aman dan pelanggan pun semakin nyaman.

Perlindungan ekstra untuk barang elektronik hingga rumah tangga

Salah satu risiko yang mungkin terjadi ketika membeli kategori produk gadget, elektronik, dan furniture adalah adanya kerusakan saat packing atau pengiriman hingga  terkena cairan karena kejadian tidak terduga. 

Nah, untuk menjamin keamanan dan perlindungan produk-produk ini, pastikan untuk selalu mengaktifkan Proteksi Produk untuk barang yang telah dibeli. 

Contohnya, saat pembeli membeli ponsel canggih dengan mengaktifkan Proteksi Gadget Tokopedia, dimana cara ini akan menjamin perlindungan selama 12 bulan pada saat barang telah diterima oleh pembeli.

Proteksi Produk yang dihadirkan Tokopedia meliputi Proteksi Elektronik, Proteksi Gadget, Layar Retak, Proteksi Gadget Ekstra, Proteksi Kerusakan Total, Proteksi Travel Hobi, Proteksi Otomotif, Kendaraan, Proteksi Furniture dan Proteksi Ibu Anak (khusus untuk klaim ganti rugi produk kategori keperluan Ibu dan Anak).

Proteksi kecantikan untuk atasi efek samping

Produk kecantikan kerap kali memberikan efek samping yang berbeda-beda untuk kulit sehingga bisa menimbulkan iritasi atau alergi, Tokopedia pun memberikan jaminan Proteksi Kecantikan setiap kali pengguna membeli produk skin care dan kosmetik.

“Demi melindungi konsumen, kami juga menghadirkan Proteksi Kecantikan untuk pembelian produk kategori Kecantikan bagi pengguna Tokopedia. Pembeli akan mendapatkan ganti rugi jika mengalami ketidakcocokan hingga menyebabkan alergi akibat penggunaan produk yang telah dibeli,” kata Vira.

Lebih dari itu, khusus untuk produk yang termasuk dalam kategori Kecantikan dan Makanan, proteksi ini akan aktif selama 30 hari sejak barang diterima.

Proteksi ekstra untuk traveling 

Tak hanya produk dan barang saja, Tokopedia juga memberikan jaminan asuransi ketika pelanggan melakukan perjalanan menggunakan transportasi darat atau udara.

Asuransi ini diberikan untuk untuk melindungi diri dari kejadian-kejadian yang tak terduga, seperti kecelakaan dan ketidaknyamanan selama perjalanan.

Nah, pengguna Tokopedia juga dapat menggunakan asuransi ini lewat fitur Proteksi Penerbangan ketika melakukan pemesanan tiket pesawat dan kereta dengan beragam pilihan kelas hingga jam keberangkatan untuk memberikan perlindungan ekstra.

“Tokopedia juga menghadirkan Proteksi Perjalanan Kereta yang dapat digunakan penumpang kereta api. Proteksi tersebut memberikan perlindungan penumpang untuk hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan diri, pembatalan perjalanan oleh penumpang hingga kehilangan barang,” tambah Vira.

Proteksi Ekstra ini bisa melindungi penumpang dari kecelakaan diri, keterlambatan penerbangan, pembatalan penerbangan oleh penumpang, dan keterlambatan bagasi.

Bayar angsuran lebih aman dan praktis

Saat berbelanja dengan sistem cicilan, pengguna Tokopedia dapat memanfaatkan Proteksi Angsuran Kredit dan Proteksi Tagihan yang berfungsi untuk memberikan perlindungan diri, terlebih ketika tenor yang dipilih cukup panjang.

Manfaatnya, cicilan akan segera dibayarkan oleh Asuransi ketika terdapat insiden tak terduga, seperti meninggal dunia, cacat tetap akibat kecelakaan, terdiagnosa penyakit kritis terjadi saat angsuran masih berjalan. 

Untuk mengklaim jaminan ini, pengguna bisa melakukannya lewat aplikasi Tokopedia oleh keluarga terdekat paling lambat 30 hari sejak tanggal insiden terjadi.

Nah, untuk layanan Proteksi Tagihan, Tokopedia menyuguhkan keuntungan kepada pembeli berupa kompensasi atas kendala yang terjadi (seperti mengalami pemadaman layanan) jika pembeli telah melakukan beberapa macam pembayaran berikut; listrik (PLN), internet dan TV kabel, gas, hingga PDAM.

Ragam proteksi dan jaminan yang diberikan kepada pelanggan Tokopedia ini menjadi komitmen Tokopedia untuk menghadirkan pengalaman berbelanja online lebih nyaman dan aman kepada pengguna. 

Selama 14 tahun berdiri, Tokopedia pun terus menciptakan berbagai inovasi untuk terus meningkatkan kenyamanan dan keamanan pengguna saat berselancar di platform mereka.

populerRelated Article