Review Honda Vario 125 Terbaru, Gak Asik Ah Pakai Mesin Lama
New Honda Vario 125 (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)
Uzone.id - Honda Vario 125 terbaru telah resmi diluncurkan PT Astra Honda Motor (AHM) di AHM Safety Riding, Deltamas, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, pada Senin (26/9/2022).
Alih-alih mendapat mesin baru 125 cc, 4 valve, eSP+ dan rangka baru eSAF seperti yang sudah diberikan pada skutik yang dijual di Vietnam dan Thailand, Honda malah memilih jalan lain untuk Vario 125 terbaru.New Honda Vario 125 masih memakai mesin 125 cc, 2 valve, eSP dan bukan rangka eSAF. Padahal, skutik paling murah yakni BeAT 110 saja sudah pakai eSAF.
BACA JUGA: New Honda Vario 125 Meluncur, Harga Lebih Mahal, Apa yang Baru?
Untuk bikin senang konsumen, Honda memberikan USB charger yang ada dalam kompartemen, smart key yang bisa mencegah motor dicuri untuk tipe CBS ISS, velg dan band pakai Vario 150 dengan ukuran ban depan 100/90 dan ban belakang 90/80.
Selain itu, Vario 125 terbaru mendapat bagasi dengan volume 18 liter dan untuk pengereman di roda depan pakai wavy disc brake atau cakram bergelombang.
AHM mengklaim konsumsi bensin New Vario 125 mencapai 51,7 km/liter.
Nah, bagaimana kesan pertama setelah melakukan test ride New Honda Vario 125?
Uzone.id bersama media lain diundang oleh AHM dalam peluncuran skuter baru ini sekaligus test ride di area Safety Riding yang terdapat di halaman belakang gedung AHM Safety Riding, Deltamas, Cikarang.
Ketika duduk di atas jok, skutik ini memang terasa jauh lebih kecil dibanding sang kakak, Vario 160.
Joknya dibuat ramping sehingga kami tak perlu terlalu ngangkang saat berada di atasnya.
Kemudian, skutik yang beratnya cuma 112 kg ini terasa enteng sehingga pas bagi orang yang ingin mencari skutik yang praktis, tak terlalu kecil dan juga tak terlalu besar ukurannya.
Oke, selanjutnya kami pun langsung gas pol New Vario 125 setelah diberi aba-aba oleh marshall yang membawa bendera.
Sebetulnya ada dua tipe trek yang disediakan oleh AHM dengan panjang kurang lebih 2 km, namun kami memilih trek yang paling menantang, yakni trek yang memberikan banyak manuver dan bisa ngetes kelincahan Vario 125 di mana trek punya pola melingkar-lingkar.
BACA JUGA: SPBU BP-AKR Akui Beli Bensin 25 Liter Kasih Bonus Gratis 1 Liter
Malah, kami hampir tidak mendapatkan trek lurus untuk menjajal mesin 125 cc milik Vario ini.
Tapi, memang sepertinya kami tidak butuh trek lurus untuk ngetes kecepatan Vario 125 terbaru karena motor ini dibuat bukan untuk pencinta kecepatan, namun bagaimana membuat skutik dengan mesin kecil tapi bisa memberikan keamanan dan kenyamanan sepanjang berkendara.
"Itu, pendapat kami lho ya".
Ketika kami ajak New Vario 125 ini bermanuver, kami rasakan rodanya mampu menggigit aspal dengan baik.
Ban yang dipakai New Vario 125 merek IRC dengan alur bisa dipakai di jalanan kering dan basah.
Ketika bermanuver, skutik ini juga terasa enteng dan mudah dikendalikan. Pengendaliannya lebih asik dibandingkan Scoopy yang memang lebih mengedepankan lifetyle dibandingkan rasa nyaman berkendara.
Namun, sayang seribu sayang. Bagi kami beberapa fitur baru yang sudah diberikan pada Vario 125 ini belum cukup karena sedari awal harapan kami Vario 125 terbaru sudah memakai mesin 4 valve, eSP+ sehingga tenaga yang dihasilkan lebih besar.
Jadi gak seperti bawa Vario terasa bawa BeAT gitu, he-he-he.
Ini dia harga New Honda Vario 125 (on the road DKI Jakarta):
CBS - Rp22.350.000
CBS-ISS - Rp24.000.000
CBS-ISS SP - Rp24.250.000