Spesifikasi Toyota GR Yaris Rally2 yang Siap Digeber di Indonesia
Uzone.id – Sebuah kabar gembira datang dari tim TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI). Untuk pertama kalinya, GR Yaris Rally2 hadir di negara Asia (setelah Jepang) yang diboyong oleh TGRI sebagai bagian dari lineup terbarunya.
Sekaligus ini menjadi Mobil Rally2 pertama milik tim pabrikan di Indonesia yang diharapkan dapat meningkatkan performa TGRI di tengah persaingan rally dan sprint rally yang makin sengit.Pasangan pembalap Ryan Nirwan dan navigator Adi Indiarto bakal tetap berada di dalam kokpitnya dengan target meraih gelar juara nasional.
“Kami sangat bersemangat menerima kehadiran GR Yaris Rally2 yang akan menjadi andalan TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) di ajang kejurnas rally dan sprint rally nasional tahun ini,” jelas Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Jap Ernando Demily dalam keterangan resminya.
GR Yaris Rally2 merupakan mobil balap yang bertarung di Kelas WRC2 di kompetisi rally global, merupakan solusi yang diambil oleh Toyota dalam menghadapi persaingan yang makin ketat di ajang rally dan sprint rally nasional.
Sekarang, mobil yang dikembangkan oleh TOYOTA GAZOO Racing World Rally Team (TGR-WRT), menjadi andalan terbaru tim TGRI.
Rally2 adalah klasifikasi mobil reli yang mengikuti peraturan yang dibuat oleh Fédération Internationale de l'Automobile (FIA) untuk bersaing dalam kejuaraan reli internasional.
Seperti Kejuaraan Reli Dunia atau World Rally Championship (WRC), kejuaraan regional seperti Asia-Pacific Rally Championship (APRC), dan kejuaraan nasional lainnya. Rally2 menjadi kasta tertinggi ke-2 di bawah Rally1 di ajang WRC.
Profil dan Spesifikasi GR Yaris Rally2
Berbeda dengan Rally1 yang mengadopsi space frame, mobil Rally2 dikembangkan dari versi produksi massal.
Sasis dan mesin mobil Rally2 harus memanfaatkan model produksi dengan volume lebih dari 2.500 unit, dimana tampilan serta desain eksteriornya wajib mencerminkan mobil asli yang menjadi basisnya.
GR Yaris Rally2 mengikuti spesifikasi khusus terkait sasis, output mesin, transmisi, suspensi, dan perlengkapan safety.
Tim dan pembalap yang menggunakan ‘jasanya’ juga harus mematuhi standar yang ditetapkan oleh FIA untuk memastikan keamanan semua peserta di lintasan, serta menjaga kompetisi yang adil dan setara.
Sasis
Panjang : 3.995 mm
Lebar : 1.820 mm
Tinggi : Adjustable
Berat : 1.230 kg (termasuk 1 ban serep) sesuai aturan FIA
Konstruksi : Bodi baja dengan roll cage berkekuatan tinggi sesuai aturan FIA
Mesin dan Transmisi
Tipe : 3-silinder segaris turbocharger
Kapasitas : 1.618,2 cc
Manajemen mesin : Bosch Motorsport ECU
Transmisi : Sekuensial 5-speed
Diferensial : Limited-slip differential spesifikasi balap
Suspensi, Kemudi, dan Rem
Suspensi depan : MacPherson strut
Suspensi belakang : MacPherson strut
Shock absorbers : REIGER adjustable racing dampers
Kemudi : Hydraulic rack and pinion
Kaliper rem : Kaliper balap 4-piston Alcon
Diameter cakram rem : Gravel 300 mm, Aspal 355 mm dan 300 mm
Kampas rem : ENDLESS racing brake pads
Ban Depan/Belakang : Aspal 235/40 R18, Gravel 205/65 R15
