Selama Ramadan, Masyarakat Makin Sering ‘Ngutang’ Pakai Paylater
Ilustrasi foto: rupixen.com/Unsplash
Uzone.id — Sudah jadi tradisi bagi masyarakat Indonesia untuk berbelanja berbagai kebutuhan di bulan Ramadan ini, mulai dari makanan hingga keperluan baju baru untuk hari raya nanti.
Meningkatnya kebutuhan ini turut mendorong peningkatan metode pembayaran digital, salah satunya metode paylater. Bahkan, tak hanya untuk merchant online dan e-commerce saja, metode pembayaran ini juga digunakan di gerai-gerai offline.Sebagai platform kredit digital, laporan terbaru Kredivo menunjukkan adanya peningkatan total nilai transaksi sebanyak 14 persen selama dua minggu pertama Ramadan 2023 ini.
Hal ini menunjukkan kalau layanan kredit digital termasuk paylater banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia selama momen Ramadan ini.
Indina Andamari, VP Marketing & Communications Kredivo mengatakan, “Tingginya kebutuhan masyarakat akan metode pembayaran alternatif seperti Paylater yang menawarkan fleksibilitas dan kemudahan dalam bertransaksi, membuat tren penggunaan Paylater turut mengalami kenaikan selama periode Ramadan dan menjelang Lebaran.”
Dengan metode ini, masyarakat dapat memenuhi kebutuhan Ramadan atau Lebaran dengan cara ‘beli sekarang, bayar nanti’ dengan tenor hingga 12 bulan.
Indina juga menyampaikan bahwa hadirnya metode Paylater ini bisa menjaga daya beli masyarakat dan menyukseskan momentum pemulihan ekonomi nasional, diantaranya melalui momentum Ramadan dan Lebaran 2023.
Dari laporan yang ditemukan Kredivo, ada beberapa tren paylater masyarakat Indonesia selama Ramadan ini.
Pertama, masyarakat Indonesia gemar berbelanja produk di kategori home and living untuk mempercantik rumah. Kenaikan nilai transaksi ini mencapai 21 persen dibandingkan dengan dua minggu sebelum Ramadan 2023.
Tren lainnya, masyarakat juga cenderung melakukan transaksi di kategori gadget dan elektronik menjelang lebaran 2023 ini dengan kenaikan mencapai 14 persen.
“Hal ini didorong oleh kebutuhan masyarakat akan gadget yang semakin meningkat seiring dengan hadirnya metode belajar dan kerja secara online atau hybrid, serta Tunjangan Hari Raya yang biasanya cair pada dua minggu menjelang Lebaran,” tambahnya.
Kebutuhan mudik lebaran juga mendorong masyarakat untuk menggunakan pembayaran paylater. Kredivo mencatat adanya kenaikan transaksi sebesar 12 persen pada produk kategori travel di minggu kedua Ramadan.
Untuk memenuhi kebutuhan Ramadan dan Lebaran ini, Kredivo sendiri memberikan promo bertajuk ‘SALEturahmi dari Kredivo’ yang menawarkan beragam diskon hingga Rp500 ribu, cicilan 0 persen serta bebas 1 bulan cicilan di lima kategori produk yaitu travel, groceries & food, home & living, fashion & beauty, serta gadget & electronics di merchant offline dan online Kredivo.