home ×
Gadget

Rekomendasi Ponsel RAM 3GB Harga Rp 2 Jutaan

14 January 2020 By
Rekomendasi Ponsel RAM 3GB Harga Rp 2 Jutaan
Uzone

Uzone.id - Sebagai jawaban dari penggemarnya sekaligus untuk menyaingi rival-rival-nya, pada maret 2019 lalu Realme resmi membawa Realme 3 masuk ke Indonesia. Ponsel pintar yang harganya dibawah Rp 2 jutaan ini terbilang cukup terjangkau dan murah dan memiliki performa yang bisa dikatakan lumayan mewah.

Dibandingkan smartphone sekelasnya dengan harga dibawah Rp. 2 jutaan, Realme 3 hadir dengan peningkatan yang cukup signifikan dari pada generasi sebelumnya, terutama dari sisi baterai, kamera, dan performa.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap Samsung S20

Kamera utama Realme 3 memiliki dua fitur unggulan yakni Mode Chroma Boost dan Nightscape. Fitur mode chroma boost akan menjadikan hasil tangkapan kamera dengan perpaduan warna dan eksposur yang seimbang sedangkan untuk fitur mode nightscape secara otomatis akan menyajikan hasil foto yang baik pada kondisi minim cahaya. Dengan fitur game space yang sudah lebih ditingkatkan dari pada generasi sebelumnya menjadikan bermain game lebih nyaman.

Varian RAM dan ROM

Realme menyajikan dua varian spesifikasi RAM dan ROM untuk Relame 3 yakni Realme 3 RAM 3GB dengan ROM 32GB, Realme 3 RAM 3GB dan ROM 64GB, dan Realme 3 RAM 4GB dengan ROM 64GB.

Varian Warna

Warna yang diluncurkan di Indonesia, Realme memberikan pilihan tiga varian warna yakni Realme 3 Dynamic Black dan Radiant Blue.

Varian Harga

Dari spesifikasi RAM dan ROM yang berbeda, Realme 3 dibandrol dengan harga yang berbeda. Pada Realme 3 3/32 dibandrol dengan harga Rp. 1,6 Jutaan, sedangkan untuk Realme 3 4/64 dibandrol dengan harga Rp. 2,3 Jutaan. Harganya masih cukup terjangkau bukan? ????

Isi Box Realme 3

Dalam paket jual Realme 3, kita akan menjumpai 5V/2A Adapter Charger, Micro USB Cable, Warranty Card, Quick Guide, SIM Card Ejector, Screen Protect Film dan Jelly Case.

Sebelum lebih dalam kita bahas fitur-fitur unggulan dari Realme 3 dan bandrol harga yang sangat terjangkau dikelasnya, mari kita bahas satu persatu sehebat apa smartphone Realme 3 ini.

Desain

Realme 3 disuguhkan dengan tampilan smartphone kekinian, sudut-sudut yang melengkung menjadikan smaprthone ini semakin terlihat elegan dan memberikan kesan simple. Mengusung konsep unibody yang dibalut material polikarbonat menjadikanya tidak licin dan tetap nyaman pada saat digenggam.

Pada bagian belakang smartphone ini diberikan balutan warna gradasi sehingga tidak bosan dipandang mata. Cover body belakang yang dibuat melengkung ke arah sisi dan menyatu dengan bingakai serta panel layar bagian depan lagi-lagi yang membuat smpartphone ini lebih mudah digenggam karena bagian lengkungan tersebut sesuai dan terasa pas dengan posisi buku-buku jari.

Layar depan yang memiliki desain full screen dan bagian kamera disesain dengan konsep “tetesan air atau tetesan embun” pada bagian atas, menjadikan smartphone ini familiar di smartphone sekelasnya. Pada bagian belakangnya Realme 3 memiliki dual kamera yang dikemas bersama dengan LED flash, dan bagian tengahnya terdapat fingerprint, sedangkan pada sisi kiri terdapat tulisan Realme.

Baca juga: Ponsel Pertama dengan RAM 16GB

Bahan back cover nya terbuat dari plastik dengan finishing glossy menjadikan smartphone ini agak sedkit mudah kotor dari bekas sidik jari, namun tidak perlu khawatir dengan itu karena Realme memberikan soft case gratis yang disertakan didalam box Realme 3. Berat dari smartphone sekitar 175.95gram dengan ketebalan 8.17 mm.

Pada bagian sisi kanannya terdapat tombol power sedangkan bagian sisi kiri nya terdapat slot SIM Card dan tombol volume. slot SIM Card yang tersedia yaitu 2 SIM Card dengan tipe nano ditambah slot MicroSD dedicated.

Fitur 3 Slot ini memberikan kelapangan apabila ingin menambahkan memori tambahan, karena dapat langsung dipasang tanpa harus mengorbankan salah satu slot SIM Card. Pada bagian sisi bawah Realme 3 ditempatkan slot MicroUSB, lubang jack 3,5mm, grill speaker dan microphone. Sedangkan dibagian atas, tidak ada lubang atau modul komponon apapun yang terpasang.

Layar

Smartphone ini dibekali panel layar IPS LCD dengan diagonal 6.22inch dan memiliki resolusi 720 x 1520 pixels, 19:9 ratio (~270 ppi density), namun masih belum full HD. Pada pinggir lingkar layar terdapat bezel tipis dengan ketebalan sekitar 2.05mm. Untuk keamanan layar Realme 3 sudah disematkan gorilla glass 3, dan meskipun begitu masih diberikan anti gores tambahan gratis pada paket penjualanya.

Melihat tombol navigasinya, posisi default Realme menempatkannya di bagian dalam layar bagian bawah, pada tombol back di bagian kiri, home di bagian tengah dan recent app dengan cara menswipe ke atas di bagian kanan. Ada beberapa pilihan tombol navigasi yang juga dapat dipilih melalui menu Setting.

Foto: uzone.id

 

Menyinggung multi touch Realme 3 dapat mengenali hingga 10 sentuhan jari sekaligus, namun tidak cukup baik mengenali jika secara pada saat bersamaan menyentuhnya 3 hingga 5 atau 10 jari sekailgus, maka hanya dapat mendeteksinya hanya sementara saja, dan terdapat kekurangan yakni setelah kita menyentuh bersamaan beberapa area sekaligus dan kita sentuh lagi dengan mengurangi jumlah sentuhan namun Realme 3 masih mendeteksi bekas sentuhan jari lain yang sebelumnya padahal sudah tidak lagi menyentuh area tersebut.

Spesifikasi

Realme menempatkan dapur pacu chipset Mediatek Helio P60 AIE Octacore dengan dipadukan GPU Mali-G72 MP3. Operating System Realme 3 didukung oleh Andriod 9.0 Pie disajikan dengan Color OS V6.0 dengan menu App Drawer. Sistem keamanan Relame 3 didukung Face Unlock dan Fingerprint yang keduanya memiliki performa yang cukup baik, dan fast respond.

Ram-nya sendiri menggunakan jenis LP DDR4X dengan sistem konektifitas jaringan yang sudah support 4G/LTE, selain itu juga WI-Fi b/g/n dan Bluetooth 4.2. Realme 3 juga mendukung fitur sensor yang cukup lengkap yakni sudah support untuk sensor akselerometer, sensor cahaya, sensor orientasi untuk kompas, sensor jarak dekat, sensor suhu, sensor giroskop untuk gaming, sensor suara, sensor magnet, dan sensor tekanan.

Foto: Uzone.id

 

Selain itu terdapat juga fitur penujang seperti Game Space, Mode Moto Ride (Riding Mode), dan lain-lain. Menu short-cut pada Realme 3 berbentuk icon-icon kotak kecil yang dapat diakses dengan cara men-swipe dari atas kebawah.

Ketika dilakukan testing pada Antutu Benchmark, Realme 3 menghasilkan angka benchmark yang cukup fantastis untuk kelas smartphone Rp. 2 jutaan, yakni menghasilkan 132,568, dengan score CPU 61,397, dan GPU 27,969, sedangkan untuk score UX 35,533 dan MEM 7,669, score-nya cukup tinggi dibandingkan dengan sekelasnya karena untuk smartphone lain yang berada di kelas Rp. 2 jutaan masih sangat sedikit yang bisa menyentuh score 100 Ribuan.

Baterai

Realme 3 ditopang oleh management daya yang cukup besar dengan kekuatan baterai 4320 mAh, kapasitas tersebut memberikan daya tahan cukup lama pada Realme 3, yang dalam keadaan standby dapat bertahan sekitar seharian penuh atau sekitar 24 Jam, dan jika digunakan untuk browsing smartphone ini dapat bertahan hingga 21 Jam. Jika digunakan untuk menonton video tanpa berhenti Realme 3 bertahan selama 12 Jam, dan ketika dipakai untuk bermain game nonstop smartphone ini dapat bertahan hingga 10 sampai 11 jam.

Terdapatnya juga fitur Mode Screen Battery Optimization yang membuatnya dapat lebih menghemat daya, sedangkan untuk keseimbangan dan mode efisiensi energi tinggi dapat dipilih adalah masing-masing 5% dan 10% untuk memperpanjang masa pakai baterai.

Kamera

Kualitas gambar yang di hasilkan sangat memuaskan dari jepretan kamera yang disematkan pada Realme 3 dengan sensor AI mode chroma boost pada kamera belakang utamanya yang memiliki resolusi 13MP dengan apature f/1.8, sedangkan lensa sekundernya 2MP sudah juga didukung depth sensor.

Fitur sensor AI mode chroma boost ini juga disematkan pada kamera depan untuk selfie disokong mode beauty yang memiliki resolusi 13MP dengan apature f/2.0 ini cukup memiliki angle yang cukup luas yang mampu mengabadikan foto dengan maksimal. Fitur chroma boost ini berguna mampu untuk mendeteksi objek foto yang ingin diambil.

Fitur zoom yang dapat digunakan yakni 1x dan 2x zoom juga hasilnya cukup baik, ketika menggunakan fitur 1x zoom foto yang dihasilkan cukup tajam dan detail, begitu juga pada saat menggunakan fitur 2x zoom hasil jepretannya tidak pecah ketika diperbesar, karena dengan dukungan teknologi AI pada kamera belakang dan kamera depanya, membuat Realme 3 mampu mengenali objek yang akan diambil.

Hasil foto didalam ruangan (indoor) ataupun diluar ruangan (outdoor) hasilnya juga tidak mengecewakan. Dengan dukungan fitur Nightscape dalam kondisi minim cahaya, kamera Realme 3 mampu menangkap objek dengan baik, noise tidak begitu terlihat pada hasil jepretan kamera Realme 3 ini.

Dengan teknologi AI yang bersinergi multi-frame pada algoritma anti-shake, mode Nightscape secara signifikan meningkatkan kualitas gambar dalam kondisi minim cahaya karena kemampuan mode Nightscape ini dapat meningkatkan eksposur dalam kondisi cahaya yang redup. Fitur efek bokeh juga tidak ketinggalan, Realme 3 sudah memiliki fitur bokeh yang baik dengan hasil yang dapat dibilang cukup natural.

Game Space

Fitur game space memang sudah sebelumnya Realme sematkan pada generasi sebelumnya, namun untuk fitur game space pada Realme 3 ini sudah dimodifikasi dan lebih ditingkatkan kemampuanya, dengan fitur Balanced mode-nya akan mampu meningkatkan performa Realme 3 ketika bermain game. Selain balance mode, game space nya sudah dibekali signal strength dan block banners, dengan ketiga fitur pada Game Space ini akan mampu menampung game yang Anda tambahkan padanya untuk dimainkan.

Face Unlock dan Fingerprint

Mengangkat dari segi keamanan Realme 3 sudah mengedepankan fitur face unlock dan fingerprint untuk mengenali pemiliknya. Realme 3 mengklaim fitur face unlock dan fingerprint nya dapat membuka smartphone kurang dari 1 detik.

Riding Mode

Selain fitur Game Space, Face Unlock dan Fingerprint, Realme 3 juga tersematkan fitur Riding Mode sehingga memungkinkan Anda untuk menolak panggilan telepon ketika Anda sedang berkendara. Fitur Riding Mode juga dapat mengontrol notifikasi yang masuk yakni dengan setingan mute untuk semua notifikasi yang masuk dan pengaturan panggilan telepon yang dapat masuk dari kontak yang dipilih saja, dan pengaturan menolak panggilan lain yang tidak diinginkan yang secara otomatis dapat dijawab dengan SMS.

Berikut ringkasan spesifikasi lengkap dari Realme 3

  • Konektifitas menggunakan Jaringan GSM / HSPA / LTE
  • Sistem Operasi Android 9 (Pie)
  • Prosesor Mediatek MT6771 Helio P60 (12 nm), Octa-core (4x2.0 GHz Cortex-A73 & 4x2.0 GHz Cortex-A53)
  • GPU ARM Mali-G72
  • RAM 3GB ROM 32GB / RAM 3GB ROM 64GB / RAM 4GB ROM 64GB
  • Ukuran Layar 6.22 inch
  • Tipe Layar IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Resolusi Layar 720 x 1520 pixels, 19:9 ratio (~270 ppi density)
  • Kamera Belakang 13 MP, f/1.8, 1/3", 1.12µm, PDAF 2 MP, depth sensor
  • Kamera Depan 13 MP, f/2.0, 1/3", 1.12µm
  • Fitur Kamera LED flash, Nightscape, Hybrid HDR, Chroma Boost Portrait Mode, AI Beautification, AI Facial Unlock
  • Audio Loudspeaker: Yes
  • 3.5mm jack: Yes
  • WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
  • Bluetooth 4.2, A2DP, LE
  • GPS A-GPS, GLONASS
  • Sensor E-Compass Light
  • Sensor Proximity
  • Sensor Gravity
  • Sensor Accelerometer
  • Sensor Fingerprint
  • Sensor OTG
  • Baterai 4230 mAh
  • Pengisian Daya Fast battery charging 5V 2A, 10W
  • Slot Memori Eksternal Dedicated MicroSD
  • Slot Sim Card Dual Nano SIM
  • Berat 175 gr
  • Dimensi 156.1 x 75.6 x 8.3 mm
  • Lainnya Radio: FM radio USB: MicroUSB 2.0, USB On-The-Go Protection: Corning Gorilla Glass 3

Kelebihan:

  • Dibekali dengan dapur pacu SoC kelas menengah keatas, dan memiliki perfroma yang baik
  • Layar full screen memiliki desain notch “dew drops
  • Cover dengan desain kekinian diindahkan dengan gradasi warna yang sesuai
  • Built quality lebih kokoh dari generasi sebelumnya
  • Kapasitas baterai besar cukup menopang bermain game nonstop hingga 10 jam lebih.
  • Hasil jepretan kamera depan maupun belakang mampu bersaing dikelasnya, terlebih untuk kualitasn hasil foto.
  • Tersedia triple slot (2 SIMCard + MicroSD)
  • Kaya dengan fitur sensor
  • Fitur-fitur unggulan, AI Camera Chroma Boost, Nightscape, Game Space

Kekurangan:

  • Tidak dibekali fitur EIS (Electronic Image Stabilizer), sehingga hasil video masih terasa goyang
  • Tidak mendukung fast charging

Kesimpulan

Hadirnya Realme 3 memang benar-benar menjawab permintaan dari para fens Realme, dengan harga yang cukup terjangkau berkisar Rp1 - 2 Jutaan ini Realme 3 hadir dengan kemampuan spesifikasi baik dari segi desain, dapur pacu, fitur kamera maupun manajemen daya baterai sangat meningkat dibandingkan dengan generasi terdahulunya.

Desain dari Realme 3 dihadirkan dengan gaya kekinian yakni pilihan warna gradasi serta built quality yang semakin baik. Performa yang dibawa Realme 3 dengan SoC Helio P60, menjadikanya mampu bersaing dengan smartphone dikelas harga Rp. 3 jutaan, kemampuan menangkap gambar dan video dari kamera Realme 3 juga menyematkanya menjadi salah satu pilihan terbaik untuk smartphone kelas harga di bawah Rp. 2 jutaan.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

6 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
pejuang 22 January 2020 | 09:41:18

mungkin cocok buat kalangan menengah pas buat sekarang

Fiqih Ainul 15 January 2020 | 13:30:58

rekomendet banget nih buat yang suka game smartphone tp buget standart

Roblox Playing 14 January 2020 | 16:27:00

saya setuju bahwa semua yang ada

Den Bagues 14 January 2020 | 10:14:46

sekarang realme semakin melejit dan semakin banyak inovasi barunya

ALI YUSUF 14 January 2020 | 08:20:55

terdapat varian produk hp ram 3 dengan harga 3 juta

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article