Home
/
Startup

QRIS Mulai Berlaku untuk Digital Payment, Seperti Apa Sih Bentuknya?

QRIS Mulai Berlaku untuk Digital Payment, Seperti Apa Sih Bentuknya?

-

Siti Sarifah15 January 2020
Bagikan :

Uzone.idMulai Januari 2020, Indonesia memang sudah memberlakukan penggunaan QRIS. Teknologi kepanjang Quick Response Code Indonesia Standard ini merupakan standar kode QR untuk pembayaran melalui aplikasi uang elektronik berbasis server, dompet elektronik, atau mobile banking.

Salah satu penyedia digital payment yang mendaftar menggunakan QRIS adalah PT Reksa Transaksi Sukses Makmur, yang memiliki Ottopay. Mereka mengklaim saat ini proses transisi untuk menggunakan QRIS sedang berjalan.

“Selanjutnya kami akan mengimplementasikan pembayaran non tunai menggunakan QRIS ini ke seluruh pedagang dan pelaku UMKM yang telah menjadi Mitra OttoPay yang berada di kota hingga kota ke-2 dan ke-3 di Indonesia,” ujar Direktur Ottopay, Budi Hartono, dalam keterangannya, Rabu, 15 Januari 2020.

OttoPay  saat ini memiliki mitra yang tersebar di seluruh Indonesia, seperti para pedagang di pasar, pemilik kantin, pemilik warung, maupun pelaku UMKM.

Baca juga: #BoycottSamsungIndonesia Menggema di Twitter

QRIS digadang sebagai satu sistem untuk semua model pembayaran. Sebagai ilustrasi, QRIS sama seperti ATM Bersama di mana semua kartu ATM dari berbagai bank bisa menggunakan ATM Bersama ini, sehingga transaksi non tunai dengan aplikasi pembayaran apapun cukup dengan memindai satu kode QR yakni QRIS.

QRIS bertujuan agar transaksi digital menjadi semakin mudah dan dapat diawasi oleh regulator dari satu pintu. QRIS bisa digunakan di semua merchant yang bekerjasama dengan penyedia Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) berbasis QR.

Terdapat tiga pihak yang terlibat dalam transaksi berbasis kode QR, yaitu PJSP, Lembaga Gerbang Pembayaran Nasional (LGPN), dan penyelenggara penunjang dalam hal ini pihak yang bekerja sama dengan penjual atau merchant aggregator, yang salah satunya adalah OttoPay, sebuah aplikasi pembayaran non tunai yang dapat mempermudah kegiatan transaksi para pedagang dan pelaku UMKM dengan para konsumennya.

Walau fitur utama yang banyak digunakan Mitra OttoPay adalah untuk menyediakan proses pembayaran bagi konsumen mereka, namun OttoPay juga dapat memberi tambahan penghasilan dengan layanan PPOB (Payment Point Online Bank) berupa pembayaran tagihan listrik, air, pembayaran BPJS, pembelian pulsa, dan voucher game. Seluruh proses transaksi dari fitur-fitur yang ditawarkan kepada Mitra OttoPay, kini sudah dapat dilakukan dengan menggunakan QRIS.

populerRelated Article