Home
/
Automotive

Pesaingnya Punya Harga Lebih Murah, Xpander Tetap Laris Manis

Pesaingnya Punya Harga Lebih Murah, Xpander Tetap Laris Manis

Bagja Pratama16 August 2021
Bagikan :

Uzone.id - Persaingan low MPV di Indonesia terbiang sangat keras. Para pemainnya adalah pabrikan-pabrikan raksasa Jepang. Bahkan, untuk brand Eropa dan Amerika, bahkan China, masih belum bisa ikutan bersaing.

Di segmen pabrikan Jepang pun, sebenarnya hanya Toyota yang cukup tangguh, mapan dan mendominasi di segmen low MPV dengan andalannya Avanza. Banyak pabrikan sesama Jepang lain coba menjungkirkan Avanza, selalu gagal.

Hanya satu pabrikan yang akhirnya bisa menggulingkan Avanza, sekaligus menetapkan dirinya sebagai salah satu pemain baru yang sangat layak di perhitungkan sampai sekarang; Mitsubishi dengan Xpander seriesnya.

Baca juga: Nyobain Beli Online Motor Listrik Lokal, United T1800

Pertama kali hadir tahun 2017, Xpander langsung membuat pasar gaduh. Terutama dengan sodoran desainnya yang anti mainstream saat itu, yang justru membuat tren desain sebuah low MPV berubah sampai hari ini.

Gak sekedar menang tampang, Xpander saat itu juga menawarkan ruang kabin yang berkesan mewah dan nyaman. Bahkan untuk pengemudi, handling yang ditawarkan Xpander pun terbilang 'dewasa' sekali, berkat racikan suspensi yang mengadopsi Lancer Evo.

Memang, secara harga jual Xpander jadi low MPV paling mahal diantara semua kompetitornya. Awalnya, ini sempat membuat kekhawatiran publik kalau harga tersebut jadi kendala untuk diterima dengan baik oleh pasar.

Namun kenyataannya tidak, Mitsubishi Xpander malah kembali mencuri perhatian dengan menjadi mobil paling laris di Indonesia beberapa kali, yang artinya, jadi low MPV baru yang mengalahkan dominasi dan kejayaan Avanza.

Tahun 2021 ini pun, MMC mencatat komposisi penjualan Mitsubishi Motors di Indonesia didominasi oleh model Xpander (termasuk Xpander Cross) dan berkontribusi sebesar 54 persen untuk penjualan global model tersebut.

Sementara update terbaru penjualan sepanjang Juli 2021, Xpander (termasuk Xpander Cross) memimpin segmen low MPV dengan pangsa pasar lebih dari 37 persen, terjual 4.569 unit.

“Model Xpander termasuk Xpander Cross terus memperkuat posisiny sebagai model favorit konsumen yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan konsumen Indonesia,” ungkap Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI.

VIDEO Unboxing Motor Listrik Lokal United T1800, Dapat Apa Aja?

populerRelated Article