New Normal, Hotel di Aplikasi OYO Bakal Punya Label “Sanitized Stay”
Aplikasi OYO. (Foto: Dok. OYO)
Uzone.id - OYO Hotels & Homes, startup asal India yang bergerak di bidang perhotelan resmi meluncurkan program kualifikasi “Sanitized Stay” di Indonesia, setelah sebelumnya program serupa diluncurkan di berbagai wilayah operasional OYO di Asia.Melalui program kualifikasi ini, OYO akan menerapkan standar baru untuk meminimalisir kontak fisik pada kegiatan operasional hotel mitra OYO selama pandemi dan pada fase the new normal.
Dalam program ini terdapat protokol yang telah didesain berdasarkan peraturan pemerintah dan regulasi lainnya terkait dengan penerapan social distancing dan prosedur keselamatan selama pandemi.
Baca juga: GoPlay Buatan Gojek Dapat Suntikan Dana Pertama
Eko Bramantyo, Country Head Emerging Business, OYO Hotels and Homes Indonesia, mengatakan, “Pandemi membawa berbagai perubahan di industri ini, baik dari sisi pola pelayanan maupun preferensi konsumen. Program kualifikasi ini menjadi salah satu strategi OYO untuk beradaptasi pada perubahan dan menghadapi the new normal.”
“Di tengah pandemi ini, kami akan memastikan untuk dapat terus memberikan rasa aman dan tenang kepada para pelanggan kami, dengan menjadi pionir perubahan protokol kesehatan dan keselamatan dalam industri perhotelan. Kami berharap program ini juga dapat membantu bisnis para mitra kami dan turut membangkitkan kembali gairah industri hospitality,” imbuhnya.
Baca juga: Kemenhub Izinkan Grab dan Gojek Angkut Penumpang
Properti yang telah sesuai dan mengikuti protokol program ini akan mendapatkan label dan logo “Sanitized Stay” serta akan muncul jika tamu menggunakan search filter “COVID-19 Safe Properties”. Sehingga inisiatif ini diharapkan dapat memberikan rasa aman dan tenang bagi tamu saat menginap sekaligus menjadi peluang bagi mitra untuk kembali mendapatkan pangsa pasarnya.
Program kualifikasi “Sanitized Stay” dari OYO Hotels & Homes hadir dengan tujuh upaya sebagai berikut:
- Lingkungan higienis
Melakukan desinfeksi secara rutin di semua kamar dan area umum hotel yangs sering disentuh seperti gagang pintu dan kunci pintu, serta menempatkan hand sanitizer di area publik di hotel seperti resepsionis. - Keamanan tamu
Memastikan ketersediaan pembersih tangan dan masker untuk tamu hotel. - Keamanan staf
Memastikan adanya pembersih tangan, masker dan seragam Personal Protective Equipment atau alat pelindung diri (opsional) untuk karyawan hotel di lapangan. - Kontak fisik minimal
Memberikan pengalaman menginap mulai dari check-in hingga check-out dengan kontak fisik yang minimal. - Staf yang terlatih
Melakukan pelatihan bagi karyawan dan tim lapangan terkait dengan prosedur kesehatan dan keselamatan selama pandemi. - Penerapan social distancing
Memastikan penerapan jaga jarak fisik secara maksimal di lingkungan hotel. - Saluran bantuan darurat & rute rumah sakit terdekat
Berkoordinasi dengan rumah sakit terdekat jika ada tamu yang membutuhkan penanganan lebih lanjut.