Melirik Modal Digital Capres dan Cawapres Indonesia
Uzone.id – Menurut data dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), pemilih di Pemilu 2024 nanti akan didominasi oleh generasi Z dan Milenial, dimana angka dari dua generasi muda ini mencapai 55 persen.
Nggak heran kalau para calon presiden dan calon wakil presiden menggunakan cara yang ‘muda’ juga untuk kampanye.Bagaimana pun, anak generasi Z dan milenial sangat dekat dengan media sosial dan dunia digital. Para Capres dan Cawapres bisa mengumpulkan massa lewat media sosial mereka dengan cara yang lebih friendly untuk generasi Z dan milenial.
Oleh karena itu aset digital seperti followers dan seberapa besar engagement di media sosial menjadi modal penting saat ini. Berikut perbandingan modal digital Capres dan Cawapres dalam periode 2024 per Rabu, (25/10).
Pertama, untuk media sosial Instagram 3 calon presiden RI, Ganjar Pranowo memiliki followers sebanyak 6,3 juta disusul oleh Anies Baswedan yang memiliki 6 juta followers dan Prabowo Subianto dengan 6 juta followers.
Selanjutnya, untuk kekuatan di TikTok, Ganjar memiliki 7,2 juta followers disusul oleh Anies dengan 187,4 ribu followers. Sementara itu, Prabowo Subianto diketahui tidak memiliki akun TikTok resmi.
Twitter Anies Baswedan saat ini memiliki 4,9 juta followers, disusul oleh Prabowo Subianto dengan 4,6 juta followers dan terakhir, Ganjar Pranowo dengan 3,4 juta followers.
Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan sama-sama memiliki akun YouTube resmi dengan subscriber masing-masing mencapai 1,97 juta untuk Ganjar dan 347 ribu untuk Anies Baswedan.
Lanjut ke aset digital cawapres RI di Pemilu 2024, yaitu Muhaimin Iskandar, Mahfud MD dan Gibran Rakabuming Raka.
Per Rabu, (25/10), Muhaimin Iskandar memiliki 2,2 juta followers Instagram, berlanjut ke Mahfud MD memiliki 1,2 juta followers dan Gibran Rakabuming dengan 1,2 juta followers.
Untuk akun TikTok, Muhaimin Iskandar dan Mahfud MD tidak memiliki akun resmi TikTok, namun Gibran memiliki 382,2 ribu followers di TikTok.
Tiga calon wakil presiden ini memiliki akun Twitter, dengan followers yang cukup banyak. Muhaimin Iskandar dengan 294 ribu followers, Mahfud MD dengan 4,6 juta dan Gibran dengan 1 juta followers.
Dengan modal media sosial ini, para calon presiden dan calon wakil presiden bisa memanfaatkannya untuk menggaet banyak suara dari generasi milenial dan generasi Z yang sehari-hari memang melekat di media sosial.