Home
/
Automotive

Masih Belum Tahu Cara Pakai YECVT di Nmax Turbo? Ini Tips Mudahnya!

Masih Belum Tahu Cara Pakai YECVT di Nmax Turbo? Ini Tips Mudahnya!

Yamaha Nmax Tour Boemi Nusantara (Foto: Yamaha)

Brian Priambudi27 September 2024
Bagikan :

Uzone.id - Yamaha Nmax Turbo mendapatkan teknologi Yamaha Electric CVT (YECVT) yang membuatnya memiliki fitur dua mode berkendara dan Y-Shift. Kira-kira bagaimana sih cara menggunakan fitur tersebut dengan benar?

Soal ganti mode berkendara sebenarnya cukup mudah, hanya menekan tombol di kiri depan saja sudah bisa mengganti dari T-Mode ke S-Mode begitu juga sebaliknya. Namun untuk Y-Shift memang cukup rumit, terutama Anda baru pertama kali menunggangi Yamaha Nmax Turbo.

Rifki Maulana selaku Manager Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing menyebutkan YECVT  pada Nmax Turbo memiliki keunggulan fitur riding mode dan Y-Shift. Keduanya jika digunakan secara optimal bisa memberikan pengalaman berkendara di level yang berbeda.

Preview

"Kedua fitur ini jika digunakan secara benar dan optimal, dapat memberikan pengalaman berkendara di level tertinggi terutama pada saat cornering, menanjak dan menurun. Karena kedua fitur tersebut bisa membantu pengendara melakukan akselerasi dan deselerasi secara cepat atau instan,” ujar Rifki dalam keterangan resmi.

Agar lebih rincinya, T-Mode memiliki karakter berkendara yang lebih smooth, sementara S-Mode membuat feeling akselerasi berkendara menjadi lebih agresif. Adapun ketika pengguna memindahkan mode dari T ke S saat sedang berkendara konstan, maka rpm motor akan naik 500 – 1.000 rpm.

Sementara untuk Y-Shift bisa dioperasikan lewat tombol paling bawah di saklar kiri. Berikut penjelasan cara menggunakan Y-Shift yang benar:

A. Posisi Standing Acceleration (0 km Saat Start)

  1. Opsi 1 : Membuka gas secara cepat untuk auto shift ke 1. Kemudian dilanjut
    dengan melakukan shift 2 – 3 kali secara manual dan cepat (rpm kurang lebih
    akan mencapai angka 7.000).
    Note : Hindari jeda terlalu lama saat melakukan shift 1 – 3, karena jika rpm
    sudah tinggi, feeling akselerasi instan tidak terasa.
  2. Opsi 2 : Membuka gas secara konstan, kemudian tekan tombol shift 1 kali,
    lalu buka gas secara cepat untuk auto shift ke 2 dan dilanjut menekan tombol
    shift secara manual dengan cepat untuk shift ke 3.
  3. Jika dengan menekan tombol shift akselerasi dirasa masih kurang,
    pengendara bisa merubah mode berkendara dari T ke S.


B. Posisi Passing Acceleration (Saat Ingin Mendahului Kendaraan / Keluar
Tikungan)

  1. Tutup gas kemudian tekan shift 1 – 3 kali sesuai kebutuhan.
  2. Buka gas sedikit atau konstan (gantung rpm).
  3. Lanjut dengan membuka gas secara cepat dan akan terasa dorongan instan
    pada motor

Deselerasi

  1. Tutup gas dan tekan tombol shift 1 – 3 kali (shift 3 untuk deselerasi
    maksimal).
  2. Kondisi saat sebelum masuk atau ketika menikung : tutup gas dan lakukan
    shift sesuai kebutuhan 1 – 3 kali, ban belakang motor tidak akan mengunci
    dan motor tetap stabil untuk dikendarai.
  3. Kondisi saat di jalanan menurun yang panjang : bisa melakukan Shift secara
    berulang dengan menekan shift 1 – 3 kali, kemudian tekan tombol Mode
    untuk me-release shift, dan tekan tombol Shift kembali sesuai kebutuhan.


Me-release Y-Shift

  1. Opsi 1 : Membuka gas secara cepat.
  2. Opsi 2 : Tekan tombol mode sebanyak 1 kali (jika 2 kali akan merubah mode
    berkendara).
  3. Opsi 3 : Tutup gas secara konstan.
populerRelated Article