Libur NATARU Bikin Trafik XL Axiata Naik 50 Persen, Tertinggi dari Garut!
Foto: XL Axiata
Uzone.id – Momen liburan Natal dan Tahun Baru (NATARU) memang selalu membuat perusahaan operator seluler mengantisipasi kenaikan trafik jaringannya. XL Axiata pun melaporkan lonjakan data layanannya selama periode 24 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023.
Dari laporan perusahaan, trafik layanan data XL Axiata pada periode liburan NATARU tersebut rata-rata melonjak sekitar 8 persen dibandingkan hari normal. Sedangkan puncak kenaikan trafiknya terjadi pada malam Tahun Baru yang mencapai 50 persen dibandingkan kondisi hari normal.Kenaikan tersebut didominasi lonjakan kenaikan trafik layanan data. Sedangkan trafik layanan voice hanya naik 2 persen dan SMS 5 persen saja.
Data XL Axiata juga menunjukkan tingginya aktivitas digital yang dilakukan pelanggan dalam mengisi masa liburan Nataru. Meski tak ada pembatasan perjalanan lagi, trafik data di area pemukiman di Jabodetabek dan kota-kota besar lainnya tetap menunjukkan kenaikan sekitar 8 persen dibandingkan hari normal.
Baca juga: Sambut 2023, XL Axiata Rilis Promo 'Bonus Double Kuota Setahun Penuh'
Kota dengan kenaikan trafik tertinggi adalah Kabupaten Garut naik 29 persen, lalu Kabupaten Cianjur, naik 26 persen, Kabupaten Bogor 24 persen.
Berdasarkan provinsi, kenaikan trafik tertinggi terjadi di provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah dan DIY dengan kenaikan hingga 22 persen, provinsi Bali, NTT, NTB sebesar 21 persen, serta provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah 19 persen.
Area tujuan wisata popular juga mengalami kenaikan trafik data yang cukup signifikan. Di Bali, trafik data naik 21 persen dibandingkan hari normal. Di alun-alun Solo naik hingga 90 persen, dan 25 persen dari Lombok.
“Jauh-jauh hari kami telah menyiapkan jaringan untuk melayani dan menjaga kenyamanan pelanggan selama libur panjang Natal dan Tahun Baru 2023. Ini menjadi komitmen perusahaan dalam menjaga kualitas layanan sepanjang libur panjang akhir tahun 2022, termasuk perayaan Natal dan pergantian tahun baru,” tutur Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa dalam pernyataannya yang diterima Uzone.id.
Baca juga: Persaingan Ketat Telkomsel dan XL Axiata Jadi Operator Terbaik
Ia melanjutkan, “seperti yang kami prediksikan sebelumnya, ada kenaikan trafik data yang signifikan mengingat terjadi mobilitas masyarakat di berbagai wilayah untuk merayakan dan menikmati liburan Natal dan Tahun Baru di tengah situasi pandemi yang sudah semakin terkendali sehingga masyarakat bebas untuk bepergian ke mana pun.”
Diketahui, XL Axiata telah menyiapkan langkah antisipatif berupa peningkatan kapasitas hingga 2x lipat, pengerahan mobile BTS (MBTS), genset lengkap dengan bahan bakar di area-area rawan bencana, serta kesiapan melakukan rekayasa pengalihan jaringan di area yang terganggu ke jaringan yang ada di sekitarnya.
Adapun Jumlah pelanggan XL Axiata yang keluar negeri memanfaatkan program-program layanannya selama liburan Nataru tercatat mencapai sekitar 300 ribu user. Negara yang paling banyak dikunjungi antara lain Malaysia, Kamboja, dan Singapura.