JAECOO Resmi Hadir di Indonesia, Boyong SUV J7
Uzone.id - JAECOO, merek kendaraan asal Cina akhirnya resmi memasuki pasar Indonesia. Kehadiran brand ini memang telah ditunggu-tunggu, gembar-gembornya telah menggaung sejak tahun lalu.
Jaecoo sendiri tetap berada di bawah naungan Chery Sales Indonesia yang juga mengelola merek Chery dan Omoda, dengan fokus pada segmen premium sesuai dengan konsep global.Sebagai informasi, nama JAECOO diambil dari perpaduan kata Jerman “Jaeger” yang berarti pemburu, dan kata Inggris “Cool”, yang mencerminkan kombinasi off-road dan urbanisme.
Secara global, brand ini menorehkan prestasi membanggakan. Pada 2024, JAECOO bersama Omoda berhasil menjual 248.605 unit secara global, meningkat 54% dibandingkan tahun sebelumnya.
Penjualan ini tersebar di 33 negara dan wilayah, dengan total pengguna global mencapai lebih dari 410.136 orang.
Keyakinan berbisnis di Indonesia pun turut disokong adanya respons masyarakat yang sangat positif. Terlihat dari model J6 yang berkontribusi besar, padahal baru saja diluncurkan di bawah label Chery.
Strategi yang bakal diterapkan tentu saja menghadirkan produk yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen.
Menariknya, Jaecoo berkomitmen untuk mengembangkan kendaraan energi baru (new energy vehicle). Namun, mereka juga tetap menawarkan kendaraan bermesin konvensional.
Model pertama yang akan dirilis di Indonesia adalah JAECOO J7 yang tersedia dalam dua varian yaitu Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) dan Internal Combustion Engine (ICE). Ke depannya, mereka berencana menyajikan model listrik murni (BEV).
Konsumen pun dalam waktu dekat dapat melihat langsung produk mereka, karena Jaecoo telah mengonfirmasi keikutsertaannya di pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2025 di Hall B3-E1.
Lebih lanjut, produk tersebut pun bakal diproduksi secara lokal oleh Jaecoo sendiri, memanfaatkan fasilitas PT Handal Indonesia Motor (HIM).
Seperti diketahui, HIM tengah membangun pabrik perakitan baru di Purwakarta, Jawa Barat, yang dijadwalkan rampung tahap pertamanya pada tahun ini.
Langkah produksi lokal tentunya akan menguatkan bisnis Jaecoo di pasar Indonesia, agar mereka dapat menghadirkan kendaraan berkualitas tinggi dengan banderol kompetitif.
Kesiapan jaringan penjualan dan purna jual turut menjadi bagian penting tak terlupakan. Setidaknya 30 dealer bakal melayani konsumen di berbagai daerah. Fasilitas ini diungkapkan tidak menyatu dengan sang saudara, yaitu Chery dan Omoda.
Menariknya, Jaecoo enggan sembarangan membangun jaringan dealer. Mereka ingin jaringan dapat memenuhi seluruh kebutuhan atau dalam arti lain seluruh dealer mengusung spesifikasi 3S (sales, services & spareparts).
“Hari ini adalah momen penting bagi Jaecoo saat kami memperkenalkan brand kami kepada publik untuk pertama kalinya,” ujar Max Zhou, Country Director Jaecoo Indonesia dalam keterangan resminya.
Pernyataan Max mencerminkan semangat Jaecoo dalam membawa inovasi ke pasar otomotif Indonesia khususnya di segmen kendaraan ramah lingkungan. Mereka tidak sekadar memamerkan teknologi, tapi turut membentuk masa depan berkelanjutan.
