Indosat Ooredoo Hutchison Dorong Pelanggan Move On ke Pascabayar
Foto: Andrey Metelev/Unsplash
Uzone.id – Usai merger, perusahaan telekomunikasi Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) langsung membidik salah satu peluang pasar mengenai kebiasaan pelanggan di Indonesia yang masih cenderung menggunakan layanan prabayar ketimbang pascabayar.
Berdasarkan laporan Digital 2021 Indonesia dari We Are Social dan Hootsuite, koneksi seluler di Indonesia mencapai 345,3 juta (tidak termasuk Internet of Things/IoT), dengan 97 persen berasal dari koneksi prabayar dan 3 persen lainnya dari pelanggan pascabayar.Nah, angka ini dianggap sebagai peluang pasar yang signifikan bagi Indosat Ooredoo Hutchison.
Demi mendorong migrasi dari prabayar ke pascabayar, IOH menggandeng PT Merah Satu Indonesia, perusahaan yang dipandu oleh redONE Network Malaysia. Bagi yang belum tahu, redONE Network Malaysia ini adalah perusahaan telekomunikasi regional di Asia Tenggara.
Baca juga: Pemerintah Diharapkan Perluas Spektrum 5G Indonesia
Nantinya, Merah Satu akan menjual, mendistribusikan, dan memasarkan produk dan layanan IOH yang mencakup paket PRIME dari IM3 Ooredoo Postpaid dengan memanfaatkan channel perusahaan yang tersedia di Tanah Air.
Penandatanganan perjanjian kerja sama antara kedua perusahaan menandai komitmen bersama untuk memperluas jangkauan produk dan layanan telekomunikasi IOH ke segmen yang belum terlayani, terutama mendorong migrasi prabayar ke pascabayar di kota-kota sekunder dan daerah terpencil di seluruh Indonesia.
Dengan kata lain, IOH mendorong para pelanggan agar bisa move on dari layanan prabayar ke pascabayar.
“Kemitraan ini berpotensi mendorong konversi pelanggan prabayar menjadi pascabayar yang saat ini masih terbilang rendah, sekaligus membidik warga Indonesia yang bekerja di Asia Tenggara,” tutur Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Ritesh Kumar Singh dalam pernyataannya yang diterima Uzone.id, Jumat (14/1).
Kemitraan IOH dan Merah Satu akan berfokus pada empat ranah utama.
Pertama, memperluas jangkauan produk dan layanan telekomunikasi Indosat Ooredoo Hutchison ke kota-kota sekunder, dimulai dengan paket PRIME oleh IM3 Ooredoo Postpaid.
Baca juga: 2022, Mitratel Siap Akuisisi Perusahaan Menara Lagi
Pelanggan yang ingin memigrasikan kartu prabayar mereka ke pascabayar dapat mendatangi Toko Premier Merah Satu, yang akan didirikan pada kuartal pertama tahun ini, untuk mendaftar lewat proses hybrid E-KYC.
Kedua, meningkatkan layanan produk pascabayar, salah satunya dengan menghadirkan tambahan manfaat lifestyle di kota-kota sasaran.
Ketiga, melakukan diversifikasi dengan pendapatan non-telekomunikasi yang memanfaatkan kanal pemasaran Merah Satu yang luas.
Keempat, menghadirkan program “Telcopreneur” bagi konsumen Indonesia yang tertarik mendapatkan penghasilan tambahan, dengan insentif seumur hidup dan jam kerja yang fleksibel, dengan menjual berbagai produk dan layanan Indosat Ooredoo Hutchison di bawah naungan jaringan pemasaran Merah Satu.
Dengan paket PRIME dari IM3 Ooredoo Postpaid, pelanggan dapat menikmati berbagai keuntungan eksklusif, seperti kuota besar hingga 200 GB, prioritas jaringan & layanan pelanggan, gratis panggilan hingga 300 menit ke semua operator, penyimpanan Google Cloud 100 GB, dan akses premium gratis di Amazon Prime.