Honda MegaPro Almarhum, Ini Sejarah 5 Generasinya
Uzone.id - Motor batangan legend Honda ini gak terasa udah berevolusi dalam 5 generasi, sejak pertama kali diluncurkan tahun 1999 silam.
Kala itu, Honda melahirkan MegaPro sebagai penerus dari GL Pro. Namun, tuntutan zaman dan faktor usia, ngebuat MegaPro pun kini jadi almarhum.Table Of Content |
Dipake Harian, Grand Vitara Hybrid Cuma Rp21 Ribuan Per Hari
Berikut lima generasi Honda MegaPro yang sempat mewarnai segmen motor batangan di Tanah Air:
1. Honda MegaPro 160 Neotech
Pasca krisis di 1998, Honda menawarkan motor batangan yang lebih terjangkau dibanding Honda Tiger kala itu.
Selain itu, motor batangan ini ditunggu-tunggu karena didaulat sebagai penerus dari Honda GL Pro.
Tampilannya pun bikin kejutan, karena udah jauh lebih modern dengan karakter yang serba membulat. Gak kayak GL Pro yang cenderung kotak dan datar.
Adalah Honda MegaPro Neotech yang dibekali mesin tipe 4-stroke, OHC, berkapasitas 160cc. Mesin ini tenaganya 13,3 Ps.
2. Honda MegaPro 160 Facelift
Umur Honda MegaPro Neotech hanya tiga tahun, karena langsung diremajakan Honda dan lahirlah generasi keduanya dengan beberapa update minim, berupa striping baru.
Di tahun 2004, Honda melengkapi varian dari MegaPro dengan menghadirkan versi CW, bukan perempuan ya, tapi Casting Wheels alias pelek racing.
Mesinnya belum ada perubahan, masih mengandalkan mesin 160cc yang dipakai pada generasi sebelumnya.
3. Honda MegaPro 160 Advance
Dilanjut, tahun 2006 ada lagi Honda MegaPro yang diklaim sebagai generasi berikutnya. Kala itu, MegaPro di era ini terkenal dengan sebutan MegaPro Primus.
Wajar, bintang iklannya saat itu si aktor ganteng di zamannya, Primus Yustisio, jadinya kebawa-bawa ke motornya deh.
Ubahan pada generasi ketiga ini lumayan, sektor bodi terkena sentuhan ubahan, termasuk desain dan posisi tangki BBM, serta desain lampu-lampu yang ikutan dibuat kekinian di zaman itu.
4. Honda New MegaPro 150
Masuk generasi ke empat, di tahun 2010 Honda melahirkan Honda MegaPro yang agak radikal, utamanya ubahan pada sektor mesin.
Kapasitas mesin yang tadinya 160cc, sejak generasi ini dipangkas seratus cc, sehingga jadi hanya 150cc, namun dengan teknologi yang lebih modern.
Meski mesin lebih kecil 100cc, tapi tenaganya malah meingkat. Sebelumnya kan 13,3 PS, nah mesin baru 150cc ini bertenaga 13,7 PS. Beda tipis, tapi mayan lah ya.
5. Honda New MegaPro FI
Honda MegaPro bermesin 150cc itu sempet bertahan selama 4 tahun, sebelum akhirnya Honda melahirkan generasi terakhirnya, generasi kelima dengan andalan mesin yang udah injeksi.
Sesuai namanya, karena pengabutan bahan bakarnya udah injeksi, maka ditambahkan inisial FI (Fuel Injection) dibelakang namanya.
Mengaspal pada tahun 2014, New MegaPro FI juga dibekali cover tangki, knalpot lebih panjang, dan footstep belakang model gantung.
Namun, power motor ini mengalami penurunan dibandingkan versi karburator, yaitu 13,3 PS berbanding 13,7 PS.
Dan per akhir tahun 2018, Honda MegaPro udah dinyatakan sebagai almarhum. Nah, kalian yang mau berburu untuk koleksi, happy hunting yess...
First Drive Chery Omoda E5, Tampang Minimalis, Tenaga Sadis!