Hasil Tes MotoGP Misano: Semua Mata Tertuju pada Honda dan Yamaha
Uzone.id - Setelah seri MotoGP Misano digelar, para pembalap tidak langsung pulang, karena selang satu hari, yakni Senin mereka kembali ke lintasan untuk menguji motor baru yang nantinya akan digunakan untuk musim depan.
Luca Marini (Mooney VR46 Racing Team) jadi yang tercepat pada lap ke-47 dari total 49 lap di sesi sore, mengalahkan Maveric Vinales (Aprilia Racing). Tempat ketiga, barulah Brad Binder (Redbull KTM Factory Racing).Namun cerita utama di tes MotoGP Misano kurang terfokus pada catatan waktu, karena banyak hal baru yang terungkap dari aksi Honda dan Yamaha di lintasan. Banyak komponen baru, banyak keputusan besar yang harus diambil setelah Tes Misano.
Berikut laporannya, dikutip dari situs resmi MotoGP:
Mooney VR46, Prima Pramac & Gresini
Tidak semua pebalap hadir di lintasan pada hari Senin, dan pitlane jelas kehilangan juara bertahan Francesco Bagnaia (Tim Ducati Lenovo) karena ia memilih untuk absen dan beristirahat memulihkan cideranya.
Juga rekan setimnya Enea Bastianini yang absen karena cedera, dan pebalap penguji Michele Pirro harus absen setelah kecelakaannya sebagai wildcard kemarin.
Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing Team) dan Fabio Di Giannantonio (Gresini Racing MotoGP) juga tidak turun ke trek.
Tidak terlalu banyak yang dipamerkan di garasi Ducati. Jorge Martin (Prima Pramac Racing) mencoba dua motor dengan fairing samping yang lebih besar. Namun secara keseluruhan, tidak ada yang baru di motor Ducati.
Aprilia & CryptoData RNF
Di Aprilia ada sasis baru. Aleix Espargaro mengatakan itu tidak lebih baik atau lebih buruk, hanya berbeda: terasa lebih lembut dan jadi lebih baik saat melindas permukaan bergelombang.
Namun, ada pencuri berita utama lainnya, Miguel Oliveira dengan motor Aprilia 2023 di paddock Tim CryptoData RNF MotoGP.
Red Bull KTM & GASGAS Tech3
Di Red Bull KTM Factory Racing, Jack Miller menggunakan salah satu sasis yang digunakan wildcard dan test rider Dani Pedrosa selama akhir pekan kemarin, yang dikabarkan sepenuhnya terbuat dari serat karbon.
Sementara Binder menggunakan sasis berwarna hitam, tetapi tampak mirip dengan sasis standar 2023 miliknya saat ini.
Di GASGAS Tech3 Factory Racing, tampaknya tidak banyak yang bisa dilaporkan, namun kedua pembalapnya melakukan pengujian beberapa lap untuk mendapatkan lebih banyak data.
Monster Energi Yamaha
Di pagi hari, terlihat Fabio Quartararo menggunakan motor dengan part aerodinamika lebih besar selama beberapa kali lap, sebelum kemudian diganti lagi.
Lalu paket aerodinamika lain muncul: kombinasi antara paket aerodinamika 2023 dengan tambahan yang sebelumnya dicoba oleh Franco Morbidelli di Portimao Test.
Bos tim Yamaha mengatakan dapat meninggalkan Misano dengan "sedikit senyuman" setelah mencapai target yang mereka tetapkan untuk paket motor 2024 mereka.
Morbidelli juga mencoba aerodinamika saat ini dan aerodinamika 2024 sepanjang hari dan terlihat cover tangki bahan bakar baru yang lebih besar.
Pembalap Italia itu juga mencoba knalpot ganda, yang sudah terlihat sebelumnya dan sasis baru yang tidak mendapat feedback bagus dari pembalap dengan nomor 21 tersebut.
Namun, ada juga motor kelima di garasi Yamaha, kemungkinan besar motor tersebut bermesin baru. Manajer tim Massimo Meregalli berpendapat positif dengan motor baru tersebut, tetapi ketika Quartararo ditanyai, dia mengatakan dia berharap lebih pada motor itu.
Repsol Honda dan LCR Honda Castrol
Ada banyak pembicaraan tentang Honda menjelang tes tersebut, dan sebagian besar dari pembicaraan tersebut kemungkinan akan berlanjut.
Marc Marquez dan Joan Mir, keduanya menggunakan salah satu motor yang digunakan oleh test rider HRC dan wildcard Stefan Bradl selama akhir pekan kemarin dengan sasis baru, buntut baru, dan knalpot baru.
Mir melakukan lap singkat dengan motor "baru" sebelum dilanjutkan di garasi. Marc Marquez, sementara itu, melakukan beberapa kali lap dengan motornya, dan berkomentar kalau riding impressionnya sudah berbeda, tapi masalah pada motornya masih tetap sama.
Juara Dunia delapan kali itu mengungkapkan masalah Honda belum terselesaikan pada mesin 2024 mereka dan keputusan tentang masa depannya sudah dekat.
Bradl memiliki mesin dengan sasis baru, buntut baru, dan knalpot baru, dan Takaaki Nakagami dari LCR Honda Castrol juga mencobanya.
Kesimpulan para pembalap Honda ketika mencoba paketan motor baru untuk 2024: Berbeda, namun belum tentu lebih baik pada tahap ini.
10 Teratas Hasil Tes Motogp Misano:
- Luca Marini (Tim Balap Mooney VR46) – 1 :30 .602
- Maverick Viñales (Balap Aprilia) - +0.234
- Brad Binder (Balap Pabrik KTM Red Bull) - +0.552
- Jorge Martin (Prima Pramac Balapan) - +0. 566
- Jack Miller (Balap Pabrik KTM Red Bull) - +0,573
- Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP™) - +0,575
- Miguel Oliveira (Tim MotoGP CryptoDATA RNF) - +0.630
- Franco Morbidelli (Monster Energy Yamaha MotoGP™) - +0.699
- Alex Marquez (Gresini Racing MotoGP™) - +0.735
- Raul Fernández (Tim MotoGP CryptoDATA RNF) - +0.760