Gencarkan FMC, XL Axiata-Link Net Bidik 8 Juta Homepass Sampai 5 Tahun
Uzone.id – XL Axiata menjadi salah satu operator seluler yang melihat peluang bisnis besar dari pasar layanan Fixed Broadband (FBB) dan Fixed Mobile Convergence (FMC). Angka penetrasi yang masih rendah di Indonesia ini akan dimaksimalkan oleh perusahaan hingga lima tahun ke depan.
Dari data yang dibagikan XL Axiata, tingkat penetrasi FBB masih di bawah 15 persen, angka yang lebih rendah dibandingkan negara-negara Asia Tenggara lain.Bersama Link Net, XL Axiata percaya diri akan mampu menyebarkan jaringan sampai 8 juta homepass sampai 5 tahun ke depan.
Kolaborasi yang semakin erat antara XL Axiata dengan Link Net akan mampu meningkatkan penetrasi layanan konvergensi di Indonesia, karena selama lima tahun ke depan akan dilakukan perluasan cakupan layanan hingga 8 juta homepass,” tutur Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini dalam keterangannya.
Selain itu, tentunya XL Axiata juga bertekad untuk meningkatkan basis pelanggan konvergensi, sekaligus mempercepat pencapaian perusahaan sebagai operator konvergensi di Indonesia.
“Untuk itu kami juga terus berupaya keras mengenalkan layanan konvergensi XL SATU dan berbagai manfaatnya bagi masyarakat luas, sekaligus memperluas jangkauan ke masyarakat di berbagai daerah,” lanjut Dian.
Strategi ini jug dipercaya akan membuat kedua entitas perusahaan mempercepat skalabilitas bisnis masing-masing, di mana XL Axiata akan memiliki akses ke fiber optik yang lebih besar dengan investasi minimal.
Sementara Link Net fokus pada perluasan infrastruktur untuk melayani permintaan pasar secara keseluruhan. Bagi Link Net, dengan lebih fokus menjadi Fiber Co akan memungkinkannya meningkatkan nilai sebagai perusahaan infrastruktur.
“Link Net melakukan transformasi bisnis broadband perumahan menjadi Fiber Co dan fokus pada aktivitas inti pengembangan jaringan Fixed Line. Kami akan lebih fokus untuk meminimalkan biaya penggelaran jaringan, mendorong pertumbuhan jaringan yang cepat dan menyediakan koneksi internet berkualitas tinggi bagi pelanggan-pelanggan kami,” ungkap Presiden Direktur & CEO Link Net, Marlo Budiman.
Menurut Marlo, skala ekonomi dikombinasikan dengan keahlian membangun jaringan fiber selama lebih dari 25 tahun, akan membuat perusahaan menjadi pemimpin pasar dalam hal efisiensi biaya dan kualitas jaringan.
“Kami akan memberikan mitra ISP dan mitra distribusi telekomunikasi kami dengan jaringan berkualitas tinggi dan dukungan operasional, yang akan memungkinkan mereka untuk bisa lebih fokus memperkuat hubungan pelanggan dan pertumbuhan basis pelanggan mereka,” tutupnya.