Home
/
Startup

DANA Raih Posisi Pertama Aplikasi Keuangan di Q3 2022

DANA Raih Posisi Pertama Aplikasi Keuangan di Q3 2022
Vina Insyani26 October 2022
Bagikan :

Uzone.id - Semakin hari, semakin banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan platform keuangan digital. Tak heran kalau pengguna dompet digital semakin banyak digunakan.

Menurut hasil survei Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dalam “Status Literasi Digital di Indonesia 2021”, sebanyak 26,4 persen masyarakat paling tidak menggunakan dompet digital selama sebulan sekali 22,8 persen lainnya beberapa bulan sekali.

Peningkatan layanan keuangan digital ini juga dirasakan oleh DANA selama tahun 2022 ini. Hingga saat ini, pengguna yang tercatat sebanyak 120 juta, dengan pertumbuhan yang cukup pesat dari tahun 2019 yang berada di kisaran 50 juta pengguna.

Dengan lonjakan unduhan aplikasi DANA di iOS dan Android, DANA berhasil menduduki posisi pertama di kuartal ketiga 2022 sebagai aplikasi Finance/Keuangan di Indonesia berdasarkan data.ai atau App Annie. 

“Adanya lonjakan pertumbuhan unduhan aplikasi DANA, menjadi indikator positif dari menguatnya adopsi dan kepercayaan masyarakat terhadap layanan keuangan digital,” kata Rangga Wiseno, Chief of Product DANA Indonesia dalam pernyataan yang diterima Uzone.id, Senin, (25/10).

Baca juga: Fitur Makin Digemari, Transaksi Harian DANA Capai Angka 13,5 Juta Kali

Rangga menambahkan, selain menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat masa kini, layanan keuangan digital terbukti mampu mendukung masa depan masyarakat lewat fitur-fitur seperti asuransi dan investasi

“Oleh karena itu, konsistensi lonjakan pertumbuhan unduhan aplikasi DANA menjadi dorongan bagi kami untuk mengembangkan fitur dan produk berikutnya dan memberikan pengalaman bertransaksi terbaik kepada seluruh pengguna,” tambahnya.

DANA juga muncul di posisi keempat di jajaran "Everyone's Favorites" di iOS App Store di Indonesia pada September 2022 serta posisi kedua berdasarkan Top Active Users aplikasi Finance Indonesia di iPhone dan Android, antara Januari hingga Agustus 2022.

Pencapaian ini tak luput dari komitmen perusahaan untuk membangun layanan yang ramah pengguna, salah satu wujud komitmen ini adalah produk yang berorientasi pada kebutuhan dan karakteristik pengguna. 

“Dalam setiap pengembangan produk di aplikasi DANA, kami selalu melihat apakah produk tersebut mampu memecahkan permasalahan dan kebutuhan pengguna, memberikan solusi lewat teknologinya yang berlapis, dan memberikan dampak yang baik untuk keberlangsungan DANA secara keseluruhan,” terang Rangga.

Baca juga: DANA Jadi Salah Satu Aplikasi Paling Banyak Diunduh se-Asia Tenggara

Salah satu fiturnya adalah Kirim Uang yang bisa digunakan untuk mengirim uang pada penerima yang tak punya akses ke layanan digital baik itu bank maupun non-bank.

Dari sisi keamanan, DANA mengklaim bahwa aplikasinya dibekali teknologi keamanan data berlapis. Contohnya, DANA VIZ (Visual Identity AuthoriZation) atau autentikasi wajah yang bisa diaktifkan oleh pengguna saat menyelesaikan pembayaran di aplikasi DANA.  

Tak lupa, DANA juga mengevaluasi kepuasan pengalaman dengan mengumpulkan suara dari berbagai kanal yang disediakan, salah satunya ulasan aplikasi di App Store dan Google Play hingga survey.

“Dengan menjadikan pengguna di titik pusat inovasi DANA, kami percaya DANA dapat mempermudah kehidupan pengguna dan membantu pengguna mencapai potensi terbaik di hidupnya,” tutup Rangga.

populerRelated Article