Bukan Cuma di Indonesia, Honda Juga Kuasai Penjualan Motor Dunia!

Uzone.id - Honda sudah tak dipungkiri lagi menjadi pemimpin pasar otomotif roda dua di Indonesia, ternyata bukan cuma itu, merek yang satu ini juga menjadi raja jualan motor di dunia.
Dalam laporan terbaru, Honda mengumumkan pencapaiannya di tahun fiskal 2024 yang berakhir pada 31 Maret 2025. Laporan tersebut mencatatkan penjualan motor mencapai 20,57 juta unit secara global.Dengan perolehan tersebut, laporan Honda menyebutkan mereka telah mencaplok 40 persen pangsa pasar motor di seluruh dunia.
Capaian ini pun mencatatkan rekor sepanjang masa untuk penjualan tertinggi pada tahun fiskal di 37 negara dan wilayah.
Meskipun sudah mencatatkan prestasi yang gemilang, namun Honda tampkanya belum puas, bahkan merek roda dua asal Jepang ini memprediksi permintaan sepeda motor akan terus tumbuh terutama di Global South yang meliputi India sebagai pasar sepeda motor terbesar di dunia.
Diperkirakan, penjualan motor di seluruh dunia akan terus tumbuh, saat ini berada di level 50 juta unit, prediksinya akan mencapai ke level 60 juta unit di tahun 2030 mendatang.

"Untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat ini, Honda akan menawarkan produk-produk menarik yang disesuaikan dengan beragam kebutuhan pelanggan global dan juga mengoptimalkan sistem pasokan produknya. Lebih jauh, untuk mempertahankan posisinya sebagai pemimpin industri dalam inisiatif lingkungan, Honda akan mempercepat elektrifikasi produk sepeda motornya, sekaligus meningkatkan penghematan bahan bakar model ICE-nya dan memperluas jajaran model yang kompatibel dengan bahan bakar fleksibel," sebut Honda dalam keterangan resminya.
Seperti diketahui, Honda mulai merambah ke produk motor listrik di beberapa negara. Seperti Active e: dan QC1 di India, CUV e: dan ICON e: di Indonesia, Vietnam, Thailand, dan Filipina.
Bahkan Honda CUV e: dijadwalkan untuk meluncur di Eropa dan Jepang pada tahun 2025 ini.
Honda juga akan mulai produksi motor listrik di pabrik khusus yang beroperasi di India tahun 2028 mendatang, sehingga memberikan kekuatan lebih lanjut dari struktur bisnis di segmen tersebut.
Harapannya dengan produksi motor listrik di India, Honda bisa menawarkan motor listrik yang lebih terjangkau dan lebih banyak ke pelanggan yang pada akhirnya kembali menjadi pemimpin pasar di segmen tersebut.
