App Annie: TikTok Masih Mendominasi di Tahun 2021
Uzone.id - App Annie, perusahaan analisis data dan wawasan aplikasi kembali merilis laporan tahunan mengenai performance aplikasi terbaik berdasarkan unduhan dan pendapatan selama 2021.
Dari ulasan ini, TikTok masih menjadi aplikasi yang mendominasi tahun 2021 dengan pengaruh yang lebih luas di media sosial.Dalam laporan ini, aplikasi video pendek asal China tersebut mendominasi tiga kategori sekaligus, yaitu Breakout Downloads, Breakout Consumer Spending dan Breakout Monthly Active Users.
Baca juga: TikTok Luncurkan Aplikasi Khusus Penjual, Indonesia Jadi yang Pertama
Area yang paling menunjukkan kesuksesan TikTok adalah di Breakout Consumer Spending dimana kategori ini mengukur pengeluaran pelanggan dalam aplikasi.
TikTok berada di posisi kedua dalam daftar ini, dan hanya terpaut satu peringkat dari YouTube yang menempati daftar paling atas.
Dalam kategori pengguna aktif bulanan, TikTok juga menunjukkan hasil laporan yang cukup baik. Aplikasi ini berada di antara platform-platform raksasa seperti Amazon dan Facebook.
Laporan ini menunjukkan pertumbuhan TikTok yang jauh lebih meningkat daripada aplikasi mapan lainnya. Sebut saja Instagram yang berada di peringkat kedua kategori MAU (Monthly Active Users) namun tak ada di kategori lainnya. Sedangkan TikTok berada di 3 kategori sekaligus.
TikTok tidak masuk dalam satu kategori yang cukup signifikan pengaruhnya, yaitu Breakout Downloads. Namun berkat hadirnya TikTok, aplikasi CapCut berada di posisi teratas. CapCut sendiri merupakan aplikasi untuk mengedit bahan video untuk dimasukkan ke TikTok.
Dua aplikasi lainnya seperti Mx Takatak dan Moj berada dalam kategori ini. Kedua aplikasi ini adalah ‘kloningan’ TikTok untuk pengguna di India, yang mana di negara tersebut akses TikTok dilarang.
Dari sini, terlihat bahwa TikTok masih menjadi dominasi dan memiliki pengaruh yang cukup kuat, terlihat dari berbagai aplikasi yang mencoba meniru konsep dan fitur yang dihadirkan TikTok. Termasuk aplikasi besar seperti Instagram dan YouTube yang juga menghadirkan fitur serupa untuk menghalau dominasi TikTok.
“Pengaruh TikTok pada data 2021 sudah jelas. Aplikasi ini berada di peringkat 2 di daftar breakout app spend (daftar ini memberi peringkat aplikasi yang telah mencatat perubahan terbesar dalam pengeluaran selama 12 bulan),” tulis App Annie, dikutip dari Social Media Today, Rabu, (15/12/2021).
“Aplikasi ini juga mendorong CapCut ke puncak bagan unduhan pelarian. Mengapa? Karena CapCut adalah alat pengeditan untuk TikTok, yang diluncurkan secara global pada April 2020.”