Ada ChatGPT di Lazada, Pengguna Bisa Minta Rekomendasi Produk ke AI
Ilustrasi foto: Tada Images/Shutterstock
Uzone.id – Tren teknologi AI merambah ke semua sektor, termasuk e-commerce. Salah satunya Lazada yang meluncurkan chatbot AI pertama mereka di Asia Tenggara.
“Lazada termasuk dalam perusahaan e-commerce pertama di Asia Tenggara yang mengintegrasikan ChatGPT dalam Azure OpenAI Service ke chatbot,” kata Howard Wang, Chief Technology Officer Lazada Group dalam keterangan yang diterima Uzone.id.Chatbot yang didukung oleh ChatGPT dalam Azure OpenAI Service ini diberi nama LazzieChat dan diklaim hadir untuk memberi pengalaman belanja yang lebih menyenangkan, seru dan personal.
“Dengan mengadopsi kecerdasan buatan, Lazada akan memberikan rekomendasi yang dipersonalisasi, meningkatkan pengalaman pelanggan, membantu pelanggan lebih cepat, dan mengubah pengalaman pembelian di APAC,” kata Diomedes Kastanis, CTO Microsoft di Asia Pasifik.
Dalam penggunaannya, LazzieChat disebut meningkatkan pengalaman belanja di Lazada dengan menawarkan saran dan rekomendasi produk yang dipersonalisasi sesuai dengan pertanyaan pengguna.
Brand dan penjual di platform Lazada juga dapat memanfaatkan LazzieChat untuk meningkatkan visibilitas produk.
Chatbot AI ini akan berguna untuk produk-produk seperti fesyen dan kecantikan untuk memberikan rekomendasi produk dan topik yang personal sesuai dengan permintaan pengguna.
Teknologi ini juga bisa memahami dan menanggapi pertanyaan dengan cara yang natural berkat dukungan kemampuan bahasa dari Azure OpenAI Service. Terdapat 2 bahasa yang tersedia untuk LazzieChat di Indonesia saat ini, Bahasa Inggris dan tentunya Bahasa Indonesia.
Nantinya, LazzieChat bisa diakses dengan menggeser ke bagian bawah halaman beranda di aplikasi Lazada dan akan hadir dalam berbagai bahasa. Kedepannya, Lazada juga akan terus mengoptimalkan algoritma LazzieChat agar bisa merespons pertanyaan pengguna dengan tepat dan bertanggung jawab sesuai dengan kebijakan Lazada.