Home
/
Lifestyle

6 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Wawancara Kerja

6 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Wawancara Kerja
Redaksi Cosmopolitan Indonesia16 April 2018
Bagikan :

Ingin lolos dari sesi wawancara pekerjaan yang menegangkan? Hindari 6 kesalahan ini untuk memaksimalkan kesuksesan interview kamu!

1. Tidak sempat mempersiapkan diri.

It’s all about preparation. Selalu ingat untuk tepat waktu – lebih baik sampai 1 jam lebih cepat dibanding kamu telat sampai untuk sebuah wawancara pekerjaan. Perhatikan juga pilihan outfit kamu – jaga kerapihan dan pilihlah bahan yang nyaman dan tidak panas. Kamu tidak mau meninggalkan bekas keringat di bawah ketiak, kan?

2. Menyalakan smartphone.

Saat interview, jangan mengintip layar smartphone kamu untuk mengecek pesan yang masuk… or worse, lupa mematikan volume smartphone. Tunjukkan bahwa kamu sedang fokus dan wawancara tersebut adalah prioritas kamu. Lagipula, tidak ada yang ingin mendengar bunyi smartphone yang berdering di tengah wawancara!

3. Mengkritik pekerjaan sebelumnya.

Obviously, perilaku ini akan menunjukkan bahwa kamu memiliki kepribadian yang buruk. Sang pewawancara pun akan langsung berasumsi bahwa kamu juga bisa bergosip dan menyebar hal-hal negatif tentang perusahaan kamu yang baru.

4. Menunjukkan perilaku yang terlalu friendly.

This is a job interview, not a coffee date. Pertahankan nada suara yang friendly dan bahasa tubuh yang positif, namun ingat untuk tidak membagikan terlalu banyak informasi pribadi. Kamu hanya memiliki waktu yang terbatas dengan sang pewawancara, maka fokuslah dengan obrolan karier!

5. Mengubah kelemahan menjadi hal yang “positif”.

Jika seorang interviewer bertanya, “Apa kelemahan kamu?” Jangan mengatakan hal-hal palsu seperti “Saya seorang perfeksionis,” untuk mengindikasikan bahwa kelemahan kamu sebenarnya sesuatu yang positif. No! Itu tidak akan mengesankan sang pewawancara, karena barangkali ia telah mendengar jawaban tersebut ratusan kali. Jika ia menanyakan pertanyaan tersebut, sebutkan satu skill yang ingin kamu asah dan jelaskan tindakan yang sedang diambil untuk menjadi semakin baik.

6. Tidak mengajukan pertanyaan sama sekali.

Saat kamu tidak memiliki pertanyaan, hal tersebut menunjukkan bahwa kamu tidak mempersiapkan diri. Sebelum setiap wawancara, catatlah tiga pertanyaan tentang perusahaan atau lingkungan kerja yang ingin ditanyakan agar kamu terlihat tertarik untuk bekerja dengan mereka.

(Image: doc. Kittisak Jirasittichai@123RF.com)

populerRelated Article